Loading...

Cari di Blog Ini

Loading...

Fadel Kampanye Gerakan Makan Ikan

TEMPO Interaktif, Denpasar - Menteri Kelautan dan Perikanan (DKP) Fadel Muhammad, mencanangkan Gerakan Makan Ikan di Bali, Ahad (13/6). Gerakan ini bertujuan untuk mendongkrak konsumsi makan ikan yang saat ini masih sangat rendah.

Kampanye yang dilakukan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasart itu diikuti oleh sekitar 500 pelajar Sekolah Dasar. Mereka diajak menyanyikan lagu “ Aku Suka Makan Ikan” dan dilanjutkan bersama-sama makan menu masakan ikan. “Sejak usia anak harus kita tanamkan pola makan ikan yang akan membuat tubuh sehat, otak cerdas dan murah,” ujar Fadel.

Secara nasional, konsumsi ikan memang masih rendah, yakni hanya 30 kilogram per kapita per tahun. Masih di bawah pola  ideal yang minimal adalah 31,40 per kilogram per kapita per tahun. Di Bali, tingkat konsumsi baru  mencapai 25,9 kilogram per kapita per tahun. Adapun yang paling buruk adalah di Jawa yang rata-rata hanya 16 kilogram per kapita per tahun.

Menurut Fadel, diperlukan kerja keras untuk memacu konsumsi dengan meningkatkan produksi ikan per tahun yang kini baru mencapai 130 juta ton per tahun. Di Jawa misalnya, akan dilakukan kampanye untuk mengembangkan ternak ikan lele sesuai dengan kondisi di pedesaan dimana lele sangat mudah dipelihara dan digemari. Sementara untuk daerah yang memiliki potensi laut seperti di Bali akan digenjot produktivitas nelayannya. “Anak-anak jangan lupa juga minta ke orangtuanya agar lebih banyak masak ikan,” ujarnya yang disambut tepuk-tangan meriah.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali AA Ngurah Puspayoga menyatakan, peningkatan konsumsi ikan di Bali akan dipacu dengan menggerakkan rumah tangga untuk memprioritaskan menu ikan. Ibu-ibu rumah tangga akan dididik untuk bisa memasak menu ikan yang bervariasi  termasuk dengan menggelar berbagai lomba.
ROFIQI HASAN

No comments:

Posting Populer